Penjelasan singkat tentang CMS(content management system)

Posted by Fajry 0 komentar
Seseorang yang baru mengenal internet atau malah belum mengerti internet, tentu akan asing dengan istilah Joomla. Begitu pula Mambo Open Source, Drupal, Moodle, PHP-Fusion,Mybb dan lain sebagainya. Istilah-istilah tadi disebut Content Management System atau lebih dikenal dengan singkatan CMS.
CMS adalah Sistem manajemen konten dalam sebuah website sehingga website lebih dinamis, tetapi tetap mudah memanage atau mengelolanya. Lebih mudahnya, CMS mirip dengan sebuah blog. Seperti Wordpress, Blogspot atau blogdetik sebagai penyedia blog dari Indonesia. Kalau anda pengguna Blogspot tentu anda akan mengetahui perbedaan antara Blogspot dengan wordpress.
Sedangkan Jenis CMS sendiri ada banyak. Kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan kita dan gaya cara membuat website kita. Berikut contoh-contoh CMS berdasarkan jenis dan fungsinya.
1.Portal
Sebagai contoh blogger.com. Disini kita menulis artikel, berita, tulisan bahkan mengumpulkan polling.
2.Blog
Jenis ini yang paling banyak kita jumpai di internet dikarenakan mudah dalam menggunakan dan kita bisa menghubungkan beberapa blog kita membentuk satu jaringan. Istilah mudahnya tukar link.contohnya Blog ini yg memakai jasa dari blogger
3.Forum
Website yang berfungsi sebagai forum atau tempat berdiskusi melalui internet.Contohnya forum buatan saya yaitu Forum Garutcyber.org
4.E-Learning
Berguna untuk memberikan kemudahan dalam proses belajar mengajar melalui website atau internet. Tentu saja proses belajar mengajar ini secara online.
5.E-Commerce
Tool jenis ini bagi mereka yang ingin membuat toko online atau open cart atau web stor
segitu penjelasan singkat tentang Cms.

0 komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman